Tuesday, January 24, 2017

Belajar HTML Dasar Untuk Pemula

Tags

Belajar HTML Dasar Untuk Pemula


HTML atau Hypertext Markup Language merupakan sebuah bahasa Markup yang digunakan sebagai dasar pembuatan sebuah Web.
panduan lengkap Belajar HTML Dasar Untuk Pemula

Tidak hanya menggunakan HTML, pembuatan web juga membutuhkan PHP, JavaScrip dan CSS. Namun, sebagai dasar anda harus mempelajari dan mahir terlebih dahulu menggunakan atau mengoperasikan HTML ini.
Selain digunakan sebagai dasar pembuatan Web HTML juga berfungsi untuk membagikan informasi dan menuju ke web lain menggunakan Link. Nah, maka dari itu disini saya akan mebagikan beberapa Materi Dasar dalam HTML untuk Pembuatan Web.
Sebelum masuk kesana untuk belajar HTML anda memerlukan aplikasi yang mendukung HTML. Disini saya akan menyarankan dua aplikasi yang bisa anda gunakan salah satu. Yakni Notepad++ dan Adobe Dreamweaver.
Masing – masig aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, bagi anda yang masih belajar disarankan untuk menggunakan Notepad++ karena selain tampilan yang sederhana aplikasi ini juga bisa didapat gratis. Langsung saja kita masuk ke tahap materi belajar HTML dasar untuk pemula.

  • Pengertian Tag Element dan Attribute pada HTML

Panduan Lengkap Belajar HTML Dasar Untuk Pemula

Tag HTML merupakan cara penulisan kode dalam HTML apakah anda akan menggunakan paragraf atau menggunakan list. Dalam HTML dikenal dan pasti menggunakan Tag Pembuka dan Tag Penutup. Hal ini berfungsi agar kode yang ada diatara tag pembuka dan tag penutup terkunci dan tidak mengganggu kode – kode yang lainnya.
Contohnya :

<p> aku cinta kamu </p>


Dalam tag diatas <p> sebagai tag pembuka dan </p> sebagai penutup
Element HTML merupakan tag yang berada diatara tag HTML ( tag pembuka dan tag penutup). Dalam dunia HTML tag dan element ini sering ditukar – tukar dalam penggunaannya
Contohnya :

<p>aku cinta <em> kamu </em></p>


Attribute HTML bisa dikatakan sebagai pemberi informasi tambahan dalam HTML. Seperti pemberian Link, Penebalan Huruf, Besarnya Huruf dan lain – lain. Selain itu dalam Attribute HTML terdiri dari Nilai dan Nilai. Seperti contoh :

<a href="jaringankentut.blogspot.com”> blog lengkap tutorial dan tips blog </a>


Nah, href =”jaringankentut.blogspot.com merupakan sebuah nilai dan href merupakan sebuah nama pada HTML tersebut.

BACA: Cara Termudah Daftar Dan Diterima Google Adsense

  • Struktur Dasar HTML

Dalam HTML harus memiliki Struktur agar dapat menjalankannya. Dalam struktur dasar tersebut terdiri dari Tag DTD, Tag Head, Tag Body dan Tag HTML. Berikut adalah contoh struktur dasar HTML :

<!DOCTYPEhtml>  <html>
  <head>
    <title>Title dari Websiteku</title>
  </head>
<body> 
 <p>Selamat Pagi Dunia, Hello World!</p>
</body>
</html>


Baik, kita akan mengulas masig – masig dari tag - tag terdapat dalam struktur dasar diatas.

  • Tag DTD

DTD atau Document Type Declaration merupakan tag yang memberikan informasi kepada web browser bahwa dokumen yang kita buat akan di proses ke wujud HTML.

  • Tag HTML

Tag HTML merupakan sebuah tag yang digunakan untuk membuka sebuah kode – kode html dan ditutup menggunakan tag html pula. Seperti stuktur dasar HTML diatas terdapat <html> sebagai tag pembuka dan diakhir terdapat </html> sebagai penutup.

  • Tag Head

Tag head umumnya digunakan untuk menaruh beberapa kode CSS agar tampilan web lebih modern dan berwarna. 

  • Tag Body
Untuk tag body ini merupakan sebuah tag yang digunakan untuk mengunci seluruh isi dari web anda tersebut dan kemudian ditutup juga menggunakan tag body.

Demikian ulasan mengenai belajar HTML dasar untuk pemula, disini saya membagikan 2 tips dasar terlebih dahulu dan akan di update pada artikel selanjutnya.

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Adapun komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon