Monday, March 13, 2017

Panduan Merakit Komputer Secara Singkat Dan Benar

Tags

Pada artikel ini saya coba berbagi sedikit langkah-langkah cara merakit komputer secara singkat dan benar . Saya usahakan dalam panduan ini anda bisa lebih mudah mengerti . Utamanya bagi para pelajar yang tentu pengalaman dan pemahaman mengenai merakit perangkat komputer yang terbilang susah , Tapi percaya saja bahwa apa yang dijelaskan dalam artikel ini bisa menjadi ilmu yang anda dapatkan dari pengalaman dalam artikel ini .

Ada begitu banyak panduan dan tutorial diluar sana yang membahas mengenai cara merakit komputer . Tapi pada tutorial ini saya akan merangkum semua poin-point pentingnya saja agar anda dapat lebih mudah paham dan lebih mengerti .

Pembahasan lengkap tentang langkah-langkah bagaimana cara merakit komputer

Tapi sebelum kita masuk pada tutorial ini terlebih dulu saya akan menjelaskan hasil atau keuntungan apa yang bisa kita dapat dalam tutorial tersebut . Kita semua sudah tahu bahwa kebutuhan untuk memiliki komputer ataupun laptop menjadi semakin penting . Kenapa? Karena di era modern tahun ini alat tersebut menjadi salah satu alat yang sebaiknya harus dimiliki oleh manusia utamanya pelajar , mahasiswa bahkan sampai pekerja .

Kebutuhan untuk memiliki tidaklah lain agar kita bisa mengerjakan tugas dan tujuan utamanya adalah untuk dapat terhubung ke internet . Terkadang kita akan sangat butuh untuk menggunakannya , walaupun kita tahu bahwa sekarang sudah ada yang namanya gadget ataupun android .

Tapi tetap saja gadget dan android tidak mampu untuk menyaingi penampilan dan kelebihan dari komputer maupun laptop . Karena ada sebagian tampilan dari internet pada saat kita online akan ada tools ataupun web yang belum responsive terhadapat android sehingga terkadang pengguna merasa tidak nyaman pada saat online menggunakan android .

Oleh karena itu , saya akan berbagi kepada teman-teman mengenai merakit komputer yang sudah saya siapkan sebagai panduannya dalam artikel ini .

Dan berikut wawasan yang bisa anda pelajari tentang cara Merakit Komputer PC dengan mudah dan tutorial singkat .

Sebelumnya kita harus masuk ketahap penyiapan komponen yang akan kita rakit . Ada begitu banyak komponen ataupun hardware komputer yang harus kita siapkan . Bukan cuma motherboard , dan ram saja . Harddisk , monitor juga akan termasuk pada tahap persiapan . Adapun komponen inti yang harus disiapkan adalah .

Perangkat yang harus disiapkan


  1. Motherboard
  2. Memory Ram
  3. Processor
  4. Power suplly
  5. Harddisk
  6. Batterai CMOS
  7. Heatsink
  8. Pasta Processor
  9. Kabel Sata/Ata
  10. Kabel Power
  11. Kabel Vga atayu Hdmi
  12. Monitor
  13. Keyboard
  14. Mouse
  15. Casing
Komponen yang saya jabarkan diatas adalah perangkat inti yang harus ada dan siap . Dan apabila hadrware maupun perangkat keras mulai dari nomor 1 sampai dengan nomor 15 telah selesai anda siapkan maka kita lanjut ke tahap pemasangan .

Menghubungkan semua komponen menjadi satu


#Motherboard

Yang pertama anda lakukan adalah mengambil motherboard . karena motherboard adalah sebuah landasan tempat menyimpan hardware dan tempat untuk menghubungkan satu samalain .

#Memory Ram

Pasang memory ram pada slot memory yang ada pada motherboard . Cara memasangnya cukup mudah karena anda hanya harus menyesuaikan slot dan pin yang ada pada memory ram . setelah terpasang jangan lupa untuk menekan memory ram agar terkancing pada slot-nya .

#Processor

Processor adalah komponen hadware yang sangat penting karena processor bisa di ibaratkan otak pada pc . Cara memasangnya harus teliti dan hati-hati , jangan sampai pin pada processor dan pin pada motherboard kotor ataupun bengkok . Pasang dengan cara perlahan dan sesuaikan dengan slotnya .

#Pasta Processor

Beri sedikit pasta pendingin tepat diatas processor dan jangan sampai terkena pin kuningannya . Berikan setidaknya sama persis dengan biji jangung .

#Heatsink

Lalu Pasang kipas heatsink ini tepat diatas processor dan pasta . dan jangan lupa untuk menguatkan semua sisi kipas atau heatsink pada motherboard .

#Power Supply

Kemudian silahkan anda pasang power supply pada casing yang akan anda gunakan .

#Harddisk

Lalu masukkan juga harddisk pada slot yang sudah disediakan pada casing anda .

Sampai disini berarti anda telah selesai memasang hardwarenya . Langkah selanjutnya adalah anda memasukkan motherboard yang telah selesai anda satukan dengan komponen lain tadi kedalam casing .

#Kabel Harddisk

Memasang kabel Sata/Ata pada harddisk dan motherborad agar dapat terhubung .

#Kabel Power Supply

Kemudian memasang kabel yang ada pada power supply ke slot motherboard dan harddisk .

 #Monitor

Siapkan monitor yang akan anda sambungkan dengan pc anda .

#Kabel Hdmi atau Vga

Jika anda menggunakan Tv maka silahkan sambungkan kabel hdmi ke tv dan komputer .
Tapi jika anda menggunakan monitor khusus maka silahkan anda menyambungkan kabel vga anda .

#Keyboard Dan Mouse

Pasang keyboard dan mouse anda pada colokan atau slot perangkat yang telah ditentukan .

#Selesai

Setelah anda memasang keyboard dan mouse berarti anda telah menyelesaikan langkah-langkah tersebut mulai dari awal sampai akhir dengan benar .

Kesimpulan

Demikianlah artikel ini tentang tips merakit komputer dengan cara yang mudah . Saya beraharap semoga anda mendapat wawasan yang baru dan ilmu yang bermanfaat dari artikel saya ini . Setelah merakit PC selesai tentunya kita wajib dan perlu tahu mengenai bagaimana cara melakukan perawatan CPU dengan benar , supaya komponen dan peralatan jadi tahan lama .

Mungkin anda juga perlu mengenal cara kerja komponen-komponen perangkat maupun hadware komputer yang kita gunakan diatas . silahkan kunjungi artikel ini .

Jika menurut anda artikel ini bermanfaat untuk anda , tentunya artikel ini juga akan bermanfaat untuk teman , sahabat , bahkan saudara anda . Silahkan share ke media social kadilian dibawah ini , krena berbagi itu indah . Terimkasih .



1 comments so far

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Adapun komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan
EmoticonEmoticon